jump to navigation

Presentasi Audit Sektor Publik October 1, 2013

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Kelompok yang mendapatkan giliran presentasi diharuskan mengirim materi berupa kasus dan isi presentasi presentasi ke alamat e-mail Rohmadyuliantoro@act.uad.ac.id. Maksimum pengiriman satu hari sebelum presentasi. Tema Presentasi adalah kasus-kasus atau artikel atau LHP BPK yang berhubungan dengan masalah penerapan audit di sektor publik.
Kelompok yang mendapat jatah presentasi
Hari Rabu 05-11-2014
Kelompok Arin (11012056), Lia (11012082), Zhuniati (11012090), Asta (11012058), Linda (11012105)

Presentasi Sistem Akuntansi Pemerintahan October 1, 2013

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Kelompok yang mendapatkan giliran presentasi diharuskan mengirim materi berupa kasus dan isi presentasi presentasi ke alamat e-mail Rohmadyuliantoro@act.uad.ac.id. Maksimum pengiriman satu hari sebelum presentasi. Tema Presentasi adalah jurnal atau artikel atau kasus yang berhubungan dengan sistem akuntansi pemerintahan.
Kelompok yang mendapat jatah presentasi
Hari Senin 03-11-2014 (Kelas A)
Kelompok Yuyun (12012013), Padma (12012015), Lisa (12012025), Mila (12012028), Uun (12012055)

Akuntansi Keuangan Daerah October 1, 2013

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Halaman ini dikhususkan bagi mahasiswa akuntansi UAD yang mengambil mata kuliah Akuntansi Keuangan Daerah, sebagai ajang interaktif antara dosen dan mahasiswa.
Disclaimer: materi yang diunggah dihalaman ini berasal dari sumber referensi seperti yang tercantum di silabus dan sumber lain dari internet yang relevan.

Akuntansi Sektor Publik October 1, 2013

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Halaman ini dikhususkan bagi mahasiswa akuntansi UAD yang mengambil mata kuliah akuntansi sektor publik, sebagai ajang interaktif antara dosen dan mahasiswa.
Disclaimer: materi yang diunggah dihalaman ini berasal dari sumber referensi seperti yang tercantum di silabus dan sumber lain dari internet yang relevan

Matematika Keuangan October 1, 2013

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Halaman ini dikhususkan bagi mahasiswa akuntansi UAD yang mengambil mata kuliah matematika keuangan, sebagai ajang interaktif antara dosen dan mahasiswa.
Disclaimer: materi yang diunggah dihalaman ini berasal dari sumber referensi seperti yang tercantum di silabus dan sumber lain dari internet yang relevan
Silabi Matematika Keuangan
Bab I Penggajian
Bab II Depresiasi

Konversi Kurikulum June 26, 2012

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Blanko konversi kurikulum bisa diunduh disini
Blanko Konversi Baru

Blangko Grader dan Asisten January 14, 2011

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Blangko untuk rekapitulasi kehadiran asisten dan rekapitulasi tugas koreksi asisten dan grader bisa di unduh disini Blangko asisten & grader

Jogja Tetaplah Istimewa November 29, 2010

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
add a comment

Belum selesai jogja dihantam dengan letusan merapi, kini jogja juga dihantam lagi dengan masalah keistimewaan jogja. Hal ini dimulai dengan belum disahkannya RUU tentang keistimewaan jogja. Semenjak disahkannya UU no 32 2004 tentang pemerintahan daerah, di pasal 2 ayat 8 disebutkan bahwa negara mengakui satuan daerah yang bersifat khusus atau istimewa yang diatur dengan undang-undang. Hal inilah yang menjadi tarik ulur karena jogja menginginkan jabatan gubernur dan wakil gubernur melekat pada kasultanan yogya dan pakualaman sebagai salah satu bentuk keistimewaan jogja, sementara pemerintah pusat menginginkan adanya pemilihan langsung. Pemerintah pusat menganggap bahwa penetapan sultan dan pakualaman sebagai gubernur dan wakilnya dianggap tidak demokratis, sedangkan pemilihan langsung lebih demokratis. Padahal pemilihan langsung sekarang ini justru banyak bermasalah, adanya money politic, kecurangan pemilu, kericuhan dimana-mana bahkan tidak sedikit yang menimbulkan pertumpahan darah. Bandingkan dengan jogja apakah ada kericuhan atau permasalahan dalam penetapan gubernur jogja, sama sekali nggak ada tuh. Bentuk keistimewaan jogja juga bukannya inkonstitusional tapi diatur oleh UU no 3 tahun 1950 sebagai bentuk pengakuan pemerintah pusat akan peran jogja pada masa kemerdekaan Indonesia yang tidak perlu saya ceritakan karena saking banyaknya. Saya sebagai masyarakat jogja merasakan kenyamanan tinggal jogja salah satunya karena adanya sosok sultan sebagai pengayom jogja. Saya jadi ingat dulu jaman reformasi jutaan orang berkumpul di alun-alun utara tanpa ada sedikitpun darah tertumpah itu salah satunya karena sosok sultan. Kalau memang ada beda persepsi tentang masalah keistimewaan jogja antara pemerintah pusat dengan pemerintah jogja, bikin aja jajak pendapat atau referendum tanyakan pada masyarakat jogja apakah mau penetapan atau pemilihan. Saya pernah baca pidato sultan HB IX ketika dinobatkan sebagai sultan di zaman kolonial (1940), Sultan mengatakan dalam pidato, ”Al ben ik Westers opgevoed, ik ben en blijf Javaan” (meski berpendidikan Barat, saya adalah orang Jawa dan akan tetap Jawa). Sama seperti sultan saya adalah orang Jawa dan akan tetap jawa, saya berharap pemerintah pusat tidak diskriminatif terhadap jogja, kalo Aceh mendapat keistimewaan dengan pembolehan penerapan syariat islam dan adanya parpol lokal, walikota DKI tidak dipilih langsung tapi melalui penunjukan, kenapa jogja dipersulit, apapun yang terjadi nanti bagi saya jogja tetaplah istimewa.

Peringatan atau Cobaan October 31, 2010

Posted by rohmadyuliantoro in Uncategorized.
2 comments

Memang repot ya tinggal di Indonesia. Di satu sisi Allah menganugerahkan Indonesia dengan kekayaan alam yang luar biasa emas, perak, minyak baik minyak bumi maupun minyak goreng (minyak rem ada nggak ya?), hampir semua kita punya, bahkan salju pun ada di puncak jayawijaya.Tidak heran negara asing ngiler dengan kekayaan kita sehingga selama 3,5 abad kompeni belanda menjajah kita, sekarangpun masih banyak yang ngiler dan berusaha menguasai sumber-sumber alam di Indonesia. Tanah Indonesia juga luar biasa suburnya bahkan koesplus pun mengatakan bahwa tanah kita tanah surga, tongkat kayu pun jadi tanaman. Sehingga ketika astronot china mengangkasa dia mengatakan bahwa dari angkasa Indonesia bak untaian zamrud karena hijau hutannya (kata Pak Beye). Padahal kalo dilihat dari dekat banyak botaknya tuh, ya maklumlah pembalakan liar gitu. Makanya bingung juga negara yang kaya kok banyak penduduknya yang miskin, kok bisa ya.
Tapi disisi yang lain Indonesia terletak di lempeng benua Asia dan Australia sehingga akibat pergerakan kedua lempeng tersebut maka konsekuensinya kita akan sering terkena gempa seperti yang terjadi di Aceh (2004), Yogya (2006) Padang (2009) dan terakhir di Mentawai dan biasanya kalo ada gempa besar diatas 6 SR maka biasanya akan diikuti oleh saudaranya yang bernama tsunami. Biasanya tsunami inilah yang lebih banyak membunuh dibandingkan gempa itu sendiri. Indonesia juga terletak di jalur gunung api atau ring of fire yaitu di sirkum pasifik, sehingga kita harus akrab dengan letusan gunung api, bahkan letusan gunung api terdahsyat pun ada di Indonesia yaitu gunung Krakatau, tambora, dan letusan gunung toba. nggak tahu harus bangga atau sedih, soalnya Indonesia cuman terkenal karena bencana ama korupsinya (kalo masalah korupsi kita mah juara dunia)
Kondisi tersebut yang membuat Indonesia seperti tak putus dirundung malang, bencana di Wasior ratusan meninggal, tsunami di Mentawai lebih dari 400 meninggal, letusan merapi 30 lebih meninggal. Yang cukup mengherankan kok kita kayaknya kurang belajar dari bencana-bencana terdahulu, padahal bencana tsunami dan gunung api adalah sesuatu yang bisa diperkirakan, sehingga pemerintah seharusnya lebih siap baik secara sistem, infrastruktur maupun melatih warga untuk menghadapi bencana, tapi kok pemerintah terkesan gagap menghadapi bencana (kirain yang gagap cuman Azis doang).
Yang jadi pertanyaan apakah semua bencana yang terjadi di Indonesia sesungguhnya merupakan cobaan atau peringatan. Mungkin di Indonesia banyak orang yang beriman sehingga Allah mencoba dengan segala bencana yang ada. Allah sendiri menyatakan bahwa orang beriman akan selalu dicoba untuk melihat tingkat kesabarannya. Allah tidak akan kejam kok, karena Allah hanya memberi cobaan sebatas kemampuan hamba-Nya. Ya sama seperti ujian gitu kan anak SD hanya diberi soal untuk anak SD, masak anak SD suruh ngerjain soal anak SMU. Tetapi saya khawatir kalo bencana yang diberikan Allah merupakan peringatan karena dalam Qur’an surat Al Jatsiyah 23 dinyatakan Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu, dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?. Mungkin selama ini kita terlalu menuhankan hawa nafsu kita sehingga korupsi merajalela, peradilan menjadi aneh, orang korupsi milyaran tidak ditahan, sementara orang yang nyolong sup buntut,buah asem, bahkan 3 buah coklat diadili, banyak perempuan yang nggak menikah tiba-tiba melahirkan anak emang mo jadi siti maryam ya tanpa ada suami tahu-tahu mbrojolin Nabi Isa AS. Wajarnya kejadian kayak gini kan bikin malu, tapi anehnya sekarang malah bangga. Naudzubillah min dzalik.
Mungkin benar kata mas Ebiet, mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah manusia yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa. Sesungguhnya alam seisinya merupakan ayat Allah, sehingga ketika alam mulai bicara seharusnya kita mulai berfikir bahwa Allah mulai bicara dengan nada yang agak keras kepada manusia untuk selalu kembali kejalan-Nya. Allah menyatakan dalam surat Al Hadid ayat 22 Tiada suatu bencanapun yang menimpa masyarakatmu di bumi Seperti musim paceklik, bencana alam penjajahan dll., atau yang langsung menimpa dirimu sendiri, hanya sudah tertulis dalam kitab Lauhul Mahfuzh sebelum bencana itu Kami ciptakan. Hal itu bagi Allah mudah saja. Sesungguhnya mudah sekali bagi Allah menurunkan adzab bagi manusia, tapi ketika Allah melihat bayi yang menyusui, hewan melata yang mencari makan, dan orang yang berlinang air mata ketika sujud diwaktu sepertiga malam, maka adzab tersebut diangkat oleh Allah. Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah terjadi dan semoga bangsa Indonesia selalu diberi kekuatan dan ketabahan dan bagi kita yang dalam kondisi aman, marilah tunjukkan rasa empati kita.

Jangan Lepas Jilbabmu Saudariku October 11, 2009

Posted by rohmadyuliantoro in 1.
4 comments

Kaget juga baca berita hari minggu ini, demi mengikuti kontes putri Indonesia 2009, wakil dari Aceh yang kemudian terpilih menjadi Putri Indonesia 2009 rela melepaskan jilbabnya. Putri Indonesia 2009 tersebut menyatakan bahwa ia melepas jilbabnya karena demi rambutnya. Karena rambut adalah suatu keindahan dan saya bangga dengan keindahan ujarnya. Ya Allah, hanya demi rambut syari’at pun ditinggalkan. Apakah dengan jilbab wanita tidak tampak indah, bagi saya wanita akan tampil lebih cantik dengan jilbab, karena akan terlihat lebih anggun (ini pendapat pribadi sih). Keindahan rambut adalah anugerah Allah, apakah keindahan yang sudah diberikan akan diperlihatkan dengan meninggalkan perintah yang memberi keindahan tersebut, agar wanita mengenakan jilbab (An Nuur, 31). Sang ibunda dari putri Indonesia mengatakan bahwa sudah mendapat ijin dari Ulama Aceh, akan tetapi hal itu terbantahkan oleh pernyataan dari Sekretaris Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA). Sang ibu mengatakan bahwa memakai jilbab adalah hak asasi manusia, wah wah atas nama HAM maka syari’at pun bisa lewat. Setahu saya definisi Hak Asasi Manusia adalah hak dasar yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia, tolong jangan dilupakan bahwa hak asasi tersebut diberikan oleh Tuhan, jadi jangan atas nama HAM, Tuhan lalu dipinggirkan, kalau Tuhan marah kan bisa gawat. Saya nggak bisa membayangkan kalo nanti Putri Indonesia mewakili Indonesia di ajang miss universe, alasan apalagi ya yang akan diberikan supaya bisa memperlihatkan auratnya keseluruh dunia, jangan-jangan alasannya bahwa memakai bikini juga merupakan hak asasi manusia juga ya. Saya ingat dulu ketika Inneke Koesherawati mantan bintang panas, Okky asokawati, Ratih Sanggarwati memakai jilbab, maka teman-teman mereka mengatakan bahwa dengan memakai jilbab akan membuat mereka tidak laku lagi di dunia entertainment, sehingga mungkin rejeki akan berkurang, tapi buktinya sangat berkebalikan. Ingatlah saudariku bahwa rejeki di tangan Allah, selama kita mengikuti perintah Allah, Insya Allah kita tidak akan kekurangan rejeki. Saya akan bercerita tentang pengalaman pribadi kakak saya, yang menolak suatu posisi di sebuah perusahaan hanya karena harus melepas jilbabnya, banyak teman kakak saya yang mencemooh, hanya demi jilbab sampai rela menolak posisi yang diperebutkan oleh orang banyak, akan tetapi Allah maha adil saudariku, tidak lama kemudian kakak saya diterima di sebuah perusahaan yang bahkan dengan gaji dan fasilitas yang lebih.yang membolehkan menggunakan jilbab. Ingatlah saudariku bahwa jilbab merupakan perintah Allah, tetaplah istiqomah, jangan tukar Allah dengan yang lain ya

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.